Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Raker Bersama Menpar-Ekraf RI, Ratih Megasari Singkarru Sarankan Hal Ini !

IndonesianPoint.com - Rapat Kerja (Raker) antara Komisi X bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dilaksanakan...

IndonesianPoint.com - Rapat Kerja (Raker) antara Komisi X bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dilaksanakan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2019).
Dok. Ratih Megasari Singkarru/Anggota DPR RI Komisi X
Dalam Raker tersebut dibahas sejumlah masalah maupun program dalam rangka meningkatkan kemajuan industri Pariwisata maupun Ekonomi Kreatif di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Salah satu Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Nasdem, Ratih Megasari Singkarru memberikan sebuah masukan kepada segenap jajaran di Kemenpar-Ekraf terkait pengembangan sektor Pariwisata.

Di depan Menpar-Ekraf RI, Wisnutama Legislator asal Sulawesi Barat itu memberi saran agar tata kelola sektor Pariwisata lebih ditingkatkan khususnya terkait pelayanan kepada pengunjung di situs-situs wisata yang menjadi primadona.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Menteri dengan menjadikan pelestarian lingkungan sebagai Konsen dalam upaya pengembangan sektor Pariwisata itu sangat baik, tapi perlu kita tengok bahwa tidak jarang over crowded dari pengunjung juga bisa jadi masalah pak," ungkap Ratih dalam Raker.

Sehingga menurutnya ke depan, dalam mengatasi hal tersebut penting adanya pelayanan yang dapat memberikan kedisiplinan tinggi terhadap para pengunjung agar saat berada di tempat wisata tidak melakukan tindakan yang dapat merusak berbagai fasilitas di tempat pariwisata tersebut.

"Coba kita liat Candi Borobudur, itu beberapa spot nya sudah rusak, salah satu faktornya karena over crowded dari pengunjung itu sendiri, sama halnya juga saat kita kemari ke Labuan Bajo, ada kebakaran terjadi dikarenakan kelalaian dari pengunjung," paparnya.

Dok. Ratih Megasari Singkarru/Anggota DPR RI saat berbicara dihadapan Menpar-Ekraf RI
Tidak hanya terkait pelayanan, Ratih Megasari Singkarru juga menyoroti pentingnya penyadaran kepada segenap pengunjung yang datang ketempat wisata agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

"Kita bisa mencontoh negara-negara Oceania seperti New Zealand dan Pulau dimana setiap pengunjung/ wisatawan saat dibandara diwajibkan untuk mengisi formulir yang menyatakan bahwa mereka wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan dan keutuhan situs-situs pariwisata.Hal tersebut dapat menjadi langkah preventif agar kelestarian dari situs-situs wisata dapat terjaga dengan baik dan juga dapat mendisiplinkan wisatawan mancanegara maupun domestik untuk menjaga keutuhan daerah wisata," tegas Ratih.

Sehingga dalam penyampaiannya pada Raker tersebut, Ratih Megasari Singkarru sangat berharap dalam langkah memajukan potensi wisata suatu daerah, resikonya juga harus dipikirkan dengan baik dan matang.