Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Sidang Perdana Kasus APBDes Desa Katumbangan, Lamdes bukan Lembaga Kaleng-Kaleng

Polewali Mandar - LAMDES (Lembaga Advokasi Masyarakat Desa) kembali melakukan kelanjutan pendampingan dan Advokasi di beberapa Desa di Pole...

Polewali Mandar - LAMDES (Lembaga Advokasi Masyarakat Desa) kembali melakukan kelanjutan pendampingan dan Advokasi di beberapa Desa di Polewali Mandar. Kali ini adalah secara serius Lamdes beserta beberapa Tim Advokasi dan Pendampingan Desa melanjutkan beberapa kasus yang telah masuk laporannya di Kantor Lamdes sebelumnya. (15/01)

Proses persidangan yang di gelar di kantor KIP Sulbar oleh Lamdes terkait Permintaan Data APBDes 2016-2019

Bersama 5 Orang Anggota Lamdes yang hadir langsung dalam kelanjutan kasus permintaan Data APBDes Tahun 2016 - 2019 yang selama ini telah diminta secara resmi, namun pihak pemerintah Desa tak memberikan dengan dalih ingin meminta ijin ke Bupati dan Pemdes terlebih dahulu.

"Kami telah melakukan tahapan sesuai dengan prosedur permohonan data APBDes 2016 - 2019 diantaranya, kami telah menyurat secara resmi ke Desa, kemudian kami lanjutkan ke KIP (Komisi Informasi Provinsi) untuk meminta data tersebut."Ucap Suardi melalui sambungan telpon yang selaku Sekjend Lamdes.

Lamdes beranggapan bahwa ada dugaan penyalah gunaan Dana Desa disana karena kami selama ini telah menerima laporan dari beberapa Warga di Desa Katumbangan, dan dugaan kami kemudian dikuatkan dengan sikap yang ditunjukkan oleh pihak Desa, bahkan sangat tidak kooperatif dengan semua proses hukum yang telah kami lakukan.

Sesi wawancara beberapa media yang turut hadir setelah proses persidangan telah usai.

"Jadi kami telah bertemu langsung dengan Sekretaris desa Katumbangan untuk meminta Data ABDes, namun kemudian pihak Desa justru memberikan tanggapan yang seolah memberikan tantangan kepada kami, dengan memberikan pernyataan "Silahkan saja melapor kami tidak akan memberikan datanya" ini kan sama saja justru sebagai pemerintah Desa tidak memahami akan fungsi keterbukaan informasi publik. Tutur Suardi kembali sambil mencontohkan ucapan sekretaris Desa Katumbangan saat ditemui di Kantor Desa.
Sekedar diketahui bahwa Lamdes selama ini sudah kurang lebih 2 Tahun terakhir memang sangat aktif dalam pendampingan kasus Dana Desa hingga diberbagai wilayah di Indonesia, terkhusus yang paling dekat saat ini adalah wilayah Polewali Mandar.
"Lamdes ini bukan Lembaga kaleng-kaleng bro, kita sudah bergerak dan kita sudah punya data semua desa yang ada di Polman khususnya, jauh-jauh sebelumnya kita sudah ingatkan kepada seluruh Desa, mulai dari sejak dilantik jadi kepala Desa sampai saat ini kita terus melakukan pengawasan, dan mitra paling dekat kami adalah Masyarakat setempat. Mungkin kami tidak hadir langsung di Desa tapi jangan salah kami punya mata masyarakat yang akan kami terima laporannya di kantor Lamdes. "Tutur Subaer yang selaku Anggota Penyidik Lamdes"
Kasus Desa katumbangan akan kembali di agendakan dalam proses persidangan di kantor KIP Sulbar, sesuai dengan keputusan sementara hasil sidang yang telah digelar pada hari Rabu 15 Januari 2020, bahwa kita akan kembali hadir pada tanggal 29 Januari 2020 nanti.