Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Ketua Lamdes Yakin Menangkan Tuntutan Permohonan APDes Katumbangan

IndonesianPoint.com - Pelaporan Lembaga Advokasi Masyarakat Desa (Lamdes) atas tuntutan permohonan Keterbukaan Informasi Publik terkait Angg...

IndonesianPoint.com - Pelaporan Lembaga Advokasi Masyarakat Desa (Lamdes) atas tuntutan permohonan Keterbukaan Informasi Publik terkait Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APDes), Desa Katumbangan, Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat mulai menemui titik terang.
Dok. Andi Morgan/Pegiat Demokrasi (Kiri) dan Suardi/Sekjen Lamdes (Kanan)
Hal ini diungkapkan oleh Sekjen Lamdes, Suardi dalam sebuah kesempatan diskusi, ia mengatakan setelah melalui sejumlah proses persidangan, yakin bahwa apa yang menjadi perjuangan Lamdes akan menemui hasil maksimal.

"Kita yakin menang, soalnya aturan memang mengatakan bahwa sudah semestinya pemerintah desa manapun terbuka soal pengelolaan anggaran kepada masyarakatnya," ungkap Suardi di Warkop Cambeq, Jumat (28/2/2020).

Selain itu Suardi juga meyakini, kemenangan kecil yang diraih oleh Lembaga yang aktif mengawasi pembangunan dan pengelolaan anggaran desa itu dapat menjadi warning bagi seluruh aparat/perangkat desa untuk senantiasa terbuka kepada masyarakatnya.

"Ini akan menjadi warning bagi pemerintah desa lainnya, sebab ada Undang-undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan aturan UU Desa yang menjadi landasan, hak masyarakat untuk meminta informasi terkait pengelolaan anggaran dana desa," tegasnya.

Sementara terkait harapan kedepan, Suardi menyatakan akan selalu terbuka terhadap berbagai laporan masyarakat terkait pembangunan di desanya, menurutnya masyarakat tidak perlu takut akan tendensi apapun, jika benar-benar menginginkan daerah maju.

"Kalau kita betul berniat melihat daerah kita maju, ia kita harus singkirkan ketakutan untuk mengungkapkan kebenaran, hanya dengan itu kita bisa wujudkan pemerintahan yang bersih sebagai kunci pembangunan Daerah yang dimulai dari desa," tutupnya.