Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

5000 Warga Papua Pasar Lama Kluster Sentani Di Karantina, Baca Selengkapnya!

IndonesianPoint.com - Pemerintah Kabupaten Jayapura memutuskan untuk mengkarantina 1.066 keluarga atau setidaknya 5.000 lebih orang yang ti...

IndonesianPoint.com - Pemerintah Kabupaten Jayapura memutuskan untuk mengkarantina 1.066 keluarga atau setidaknya 5.000 lebih orang yang tinggal di Pasar Lama, Kluster Sentani. Karantina ini dilakukan karena jumlah pasien COVID-19 di wilayah ini terus meningkat.

Foto ilustrasi dari beritasatu.com
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan bahwa dari 27 kasus positif di Kabupaten Jayapura, wilayah Pasar Lama Sentani adalah penyumbang terbesar yang mencapai 60 persen.

"Dari jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura, wilayah (Pasar Lama) menyumbang hampir 60 persen dari kasus positif," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw kepada pers di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bupati mengakui, jumlah kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut rata-rata berasal dari gugus Gowa, Sulawesi Selatan.

"Penyebaran virus korona dari gugus Gowa ada di beberapa daerah, yaitu Kertosari, Doyo Baru dan Pasar Lama. Tetapi dari dua daerah (Kertosari dan Doyo Baru) rata-rata telah pulih, sementara di pasar lama terus meningkat, "dia mengakui.

Karena alasan ini, bupati mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mengkarantina daerah tersebut.

"Kami melakukan karantina sehingga tidak ada distribusi yang lebih luas. Cukup di sana," katanya.

Bupati menjelaskan bahwa selama masa karantina, tim kluster COVID-19 Kabupaten Jayapura akan melakukan Rapid Test pada semua warga yang tinggal di daerah tersebut.

"Tim Gugus Tugas akan melakukan Rapid Test pada semua warga yang tinggal di Pasar Sentani Lama sehingga warga yang terpapar akan segera ditangani agar tidak menyebar," jelasnya.

Selain itu, pemerintah akan mencakup semua kebutuhan hidup semua warga di wilayah karantina.

"Karena semua warga negara dilarang masuk dan keluar, pemerintah akan menanggung semua kebutuhan dasar 1.066 kepala rumah tangga (KK) yang ada di sana. Kami akan menjatuhkan kebutuhan pokok seminggu sekali," jelasnya.

Selain karantina daerah, pemerintah Kabupaten Jayapura juga memberlakukan pembatasan kegiatan warga mulai pukul 06.00 - 14.00 WIT atau delapan jam per hari. Bagi warga yang melakukan kegiatan di atas 14.00 CET, akan dilakukan oleh tim kluster COVID-19 yang secara rutin melakukan patroli rutin.

Tidak ada komentar