Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Dua Ton Alat Medis Tiba Dari Tiongkok Berhasil di Kirim Ke Indonesia

IndonesianPoint.com - Dua ton peralatan bantuan medis dari Tiongkok yang terpaut di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, akhirnya berha...

IndonesianPoint.com - Dua ton peralatan bantuan medis dari Tiongkok yang terpaut di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, akhirnya berhasil dikirim ke Indonesia melalui laut.

Foto Ilustrasi/Detiknews.com
"Alhamdulillah, kami akhirnya mengirim 2 ton barang bantuan medis dari Tiongkok ke Indonesia melalui rute laut setelah sekitar 20 hari kami mengurus perizinan dan lainnya di China," kata Syaifuddin Zuhri dari Admiral Logistics, Minggu (26/4).

Selain berterima kasih, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun dan mitra lokal di China yang membantu menyelesaikan masalah ini.

"Tantangan dan hambatan sangat luar biasa. Pengiriman ini adalah bentuk partisipasi kami, sebagai startup oleh mahasiswa alumni China di bidang jasa pengiriman internasional dalam membantu pengadaan dan pengiriman barang ke negara untuk orang-orang yang perlu berjuang bersama terhadap COVID-19, "kata kandidat doktoral untuk Hubungan Internasional dari sebuah perguruan tinggi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, itu.

Bantuan yang dikumpulkan dari berbagai elemen warga Indonesia di China dan komunitas lokal gagal diterbangkan dari Shanghai ke Indonesia karena ada beberapa persyaratan yang tidak dapat dipenuhi setelah Kementerian Perdagangan (Mofcom) mengeluarkan peraturan baru mengenai ekspor peralatan medis.

Tetapi setelah beberapa dokumen dipenuhi, 2 ton alat medis termasuk pengukur suhu tubuh, alat pelindung diri, alat uji cepat, dan masker berhasil dikirim ke Indonesia melalui laut.

Pekan lalu Mofcom juga menyatakan tidak akan mempersulit ekspor peralatan medis selama ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti surat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Sementara itu, Duta Besar Djauhari mengatakan bahwa masih ada dua atau tiga pesawat dari Indonesia yang akan mengangkut peralatan medis dari Bandara Pudong.

"Mungkin ada dua atau tiga pesawat Garuda yang akan mengangkut bantuan dari China. Ini mencerminkan hubungan Indonesia dengan China, yang kini telah memasuki 70 tahun," katanya.

Sebelumnya, sejumlah paket bantuan medis dari China telah dikirim ke Indonesia, baik menggunakan pesawat militer milik Angkatan Udara Indonesia dan pesawat komersial.

Bantuan datang dari pemerintah, pengusaha, dan elemen masyarakat Cina serta pengusaha Indonesia di Cina.

Tidak ada komentar