Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Gelombang Kedua Covid-19 Menanti, Beberapa Negara Mulai Was-Was, Apa dan Bagaimana ?

INDONESIANPOINT.COM - Rupanya belum usai musibah Pandemik Covid-19 kini di beberapa negara sudah mewanti datangan ancaman gelombang kedu...

INDONESIANPOINT.COM - Rupanya belum usai musibah Pandemik Covid-19 kini di beberapa negara sudah mewanti datangan ancaman gelombang kedua virus mematikan yang telah merenggut ribuan nyawa itu.



Ancaman gelombang kedua wabah virus Corona COVID-19 ini pun mulai membuat beberapa negara, seperti China, Singapura, dan Jepang mulai melakukan berbagai langkah antisipasi. 

Bahkan Negara China yang sebelumnya mulai menunjukkan tahap penyembuhan, kini telah melaporkan adanya 108 kasus infeksi Corona baru pada Minggu (12/4/2020), setelah penambahan kasusnya sempat melandai.

Menurut otoritas setempat negara tirai bambu seperti dilansir dari BBCNews, Ternyata lebih dari setengahnya merupakan kasus impor atau berasal dari luar negeri, hal ini kembali mengancam hajat hidup warga China.

Selain itu, seperti diinformasikan oleh Staf Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Panji Fortuna Hadisoemarto, gelombang kedua atau second wave merupakan datangnya epidemi baru menyusul dari epidemi yang sebelumnya telah terjadi.

"Kalau kita lihat, epidemi itu kan seperti gelombang kan, jadi naik turun begitu. Jadi second wave itu adalah munculnya epidemi baru menyusul dari epidemi yang sebelumnya yang dianggap selesai," katanya, Rabu (15/4/2020).

Panji juga mengatakan, pemicu dari munculnya gelombang kedua ini adalah penyakit tersebut masuk ke populasi yang tidak memiliki kekebalan kelompok, atau herd immunity. 

Hal tersebut dapat terjadi bisa karena sumber penularan masih ada, sementara kekebalan kelompok belum terbentuk.

"Ya kalau tidak mau ada gelombang lanjutan atau gelombang kedua ini, ya kita memerlukan herd immunity atau intervensi yang tidak boleh diangkat keseluruhan, seperti pembatasan sosial," tutupnya.


Tidak ada komentar