Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Gugus Tugas Sampaikan Prediksi Kasus Positif di Indonesia Mencapai 106 Ribu Hingga Bulan Juli

INDONESIANPOINT.COM - Gugus Tugas COVID-19 menyampaikan prediksi kasus positif untuk virus Corona di Indonesia mencapai 106 ribu selama pu...

INDONESIANPOINT.COM - Gugus Tugas COVID-19 menyampaikan prediksi kasus positif untuk virus Corona di Indonesia mencapai 106 ribu selama puncak wabah pada bulan Juli. Pemerintah bersikeras bahwa mereka telah melakukan segala upaya untuk memutus rantai penyebaran virus.


"Semua arahan untuk menghentikan penularan telah dilakukan. Mulai penjajaran sosial / penjajaran fisik, tinggal di rumah, memakai MASKER, hingga PSBB," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat dihubungi, Minggu (19/4/2020) .
Yuri mengatakan bahwa terlepas dari semua upaya yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat terus memainkan peran dalam memutus rantai penularan virus. Menurutnya, jumlah kasus positif di Indonesia dapat dikurangi tergantung pada kepatuhan masyarakat terhadap rekomendasi pencegahan virus Corona dari pemerintah.

"Yang tersisa adalah kepatuhan dan implementasi oleh masyarakat," katanya.

Yuri mengatakan jumlah kasus positif dalam prediksi adalah akumulasi jumlah semua kasus yang terkait dengan virus Corona. Artinya, jumlah yang diprediksi termasuk pasien positif, meninggal dan pulih.
"Ini adalah angka yang terakumulasi. Bagaimana cara membacanya seperti data kemarin, jumlahnya lebih dari 6 ribu, berarti kemarin itu bukan 6 ribu orang yang sakit. Tetapi jumlah total orang yang sakit sampai kemarin adalah 6 ribu, beberapa sudah pulih dan ada yang mati, "jelas Yuri.
Sebelumnya, COVID-19 Satuan Tugas Penanganan Satuan Tugas Satgas Akselerator Wiku Adisasmito menyampaikan prediksi para ilmuwan tentang momentum puncak dalam wabah virus Corona di negara ini. Para ilmuwan memprediksi puncak akan terjadi dari Mei hingga Juli, jumlah COVID-19 positif bisa mencapai 106 ribu kasus.
"Dan kami percaya bahwa puncak pandemi ini di Indonesia akan dimulai pada awal Mei dan akan berlanjut sekitar awal Juni," kata Wiku dalam bahasa Inggris dalam video akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, diakses oleh AFP, Jumat (17/4) .
Dia mengatakan jumlah kumulatif COVID-19 kasus positif pada puncak wabah akan mencapai 95 ribu kasus. Namun kemudian, ia juga menyebutkan bahwa lebih dari 95 ribu kasus diperkirakan akan terjadi pada bulan Juni atau Juli.
"Jumlah kasus kumulatif selama puncak adalah 95 ribu kasus. Sedangkan selama Juni dan Juli, jumlah kasus yang dikonfirmasi secara kumulatif akan mencapai 106 ribu kasus," kata Wiku

Tidak ada komentar