Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Penentuan 1 Ramadhan Melalui Sidang Isbat, Bisa Dilihat di Situs dan Medsos Kemenag

IndonesianPoint.com - Pada Kamis, (23/4/2020) petang, Kementrian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan Sidang Isbat untuk menentukan 1 ...

IndonesianPoint.com - Pada Kamis, (23/4/2020) petang, Kementrian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1441 Hijriah.


Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pemerintah melalui Kemenag akan menggelar sidang Isbat secara online atau daring.

Hal tersebut diutarakan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulisnya, Rabu kemarin.

"Karena ada kebijakan Physical Distancing, maka kita menyesuaikan kita gelar sidang Isbat dengan teknologi telekonference, sehingga tidak perlu ada kerumunan," tulisnya.

Meski digelar berbeda, rangkaian isi Sidang Isbat tidak mengalami banyak perubahan. Sesi pertama dimulai dengan paparan posisi Hilal oleh tim Falakiyah.

Pada sesi kedua, bakal digelar pertemuan dengan sejumlah pihak seperti tokoh-tokoh Ormas Islam yang sebelumnya telah diundang teleconference.

Kamaruddin juga mengatakan publik dapat mengikuti jalannya sidang melalui situs dan media sosial resmi Kemenag RI.

Sementara itu, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 24 April 2020 berdasarkan hasil hisab hakiki wajudul Hilal yang selama ini menjadi pedoman Majelis Tanjrih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Penetapan itu ditandatangani langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris, Agung Danarto di Kantor Pusat PP Muhammadiyah.

Tidak ada komentar