Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Ternyata RI Selama Ini Sangat Bergantung Pada Impor Bahan Baku Alkes Hingga 90%

IndonesianPoint.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan penyebab Indonesia sangat bergantung p...

IndonesianPoint.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan penyebab Indonesia sangat bergantung pada impor bahan baku untuk obat-obatan dan alat kesehatan (alat kesehatan). Porsi barang impor mencapai 90% dibandingkan dengan apa yang bisa dipenuhi di dalam negeri.



Bahlil menjelaskan bahwa kondisi itu sengaja dibuat dengan tidak membangun industrinya di dalam negeri.

"Mengenai perangkat medis, saya sepenuhnya setuju. Saya dulu adalah seorang pengusaha ketika 90% dari perangkat medis kami diimpor. Ini memang disengaja. Dari dulu saya juga salah satu pengusaha pada tahun 2006, bermain dengan item ini. Industri tidak dibangun, "katanya dalam rapat kerja virtual dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (23/4/2020).

Masalah ini baru-baru ini diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ia mengatakan, sebagai negara besar Indonesia harus dapat mengurangi impor ini. Saat ini Indonesia sendiri masih mengimpor 90% perangkat medis dari luar negeri.

"Negara sebesar Indonesia harus memiliki strategi yang disebut ketahanan energi, keamanan pangan, dan keamanan kesehatan. Sangat menyedihkan jika negara sebesar 90% bahan bakunya dari luar negeri untuk industri obat, serta mayoritas perangkat medis dari luar negeri, "kata Erick melalui live streaming di akun Instagram-nya, Kamis (16/4/2020)

Tidak ada komentar