Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Masyarakat Produktif Dengan Konsep New Normal, Begini Kata Pakar Epidemologi

Jakarta, IndonesianPoint.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat yang produktif untuk tetap aman dari virus Corona (COVID-19...

Jakarta, IndonesianPoint.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat yang produktif untuk tetap aman dari virus Corona (COVID-19). Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) percaya bahwa ini dapat dilakukan jika masyarakat bertanggung jawab.



"Jika ada penjelasan, saya pikir masyarakat bisa dididik (selesai). Karena sekarang kita harus percaya pada masyarakat bahwa masyarakat sebenarnya bisa diajak memiliki perilaku bertanggung jawab," kata ahli epidemiologi FKM UI Pandu Riono yang kami lansir dari Detik.com ( 26/5) 2020).

Pandu mengatakan, jika tanggung jawab diserahkan kepada masyarakat, orang yang tidak mematuhi akan menerima sanksi mereka sendiri. Menurutnya, ini bisa membuat orang lebih sadar.

"Sejauh ini, PSBB selalu berpusat pada pemerintah, jadi jika ada yang salah dengan pemerintah. Jika sekarang, jika diserahkan kepada masyarakat, itu adalah kesalahan masyarakat, mengapa orang tidak patuh dan sebagainya , "kata Pandu.

"Dengan demikian masyarakat sadar, oh ya ini untuk kepentingan kita juga. Jadi mereka bisa saling mengingatkan," sambungnya.

Tidak hanya itu, Pandu juga menganggap bahwa tidak perlu ada sanksi atau hukuman dari pemerintah. Sudah cukup melakukan pendidikan dan peringatan.

"Tidak perlu dihukum, hanya mendidik, pelanggar mungkin akan diberi sedikit peringatan. Sanksi itu hanya membiarkannya menabrak virus itu sendiri, membuatnya terisolasi. Jadi jika diuji positif Anda akan diisolasi, selama dua minggu Anda akan dimasukkan ke dalam wisma atlet, Anda tidak bisa pergi ke mana pun, di mana, "katanya.

Diketahui, Jokowi meminta masyarakat tetap produktif. Meski begitu, ia mengingatkan bahwa produktivitas disertai dengan berbagai upaya protokol kesehatan agar tetap aman dari virus Corona.

"Kami ingin TNI / Polri hadir di setiap kerumunan untuk lebih mendisiplinkan publik sehingga mereka mengikuti protokol kesehatan yang kami sepakati melalui PSBB," kata Jokowi.

Demikian dikatakan Jokowi saat meninjau protokol kesehatan di Summarecon Mall Bekasi untuk sampai ke normal baru, Selasa (26/5/2020). Jokowi menekankan bahwa produktivitas harus terus dipertimbangkan.

"Kami ingin tetap produktif, tetapi COVID aman. COVID produktif dan aman, inilah yang kami inginkan," jelas Jokowi.

Tidak ada komentar