Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Berita Terkini

latest

Setelah PSBB, Ini Aturan Baru New Normal yang Telah Ditetapkan Mentri Kesehatan

IndonesianPoint.com - Pemerintah menyebut roda ekonomi harus terus berjalan tetapi tetap memprioritaskan langkah-langkah pencegahan. Menter...

IndonesianPoint.com - Pemerintah menyebut roda ekonomi harus terus berjalan tetapi tetap memprioritaskan langkah-langkah pencegahan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan pedoman untuk bekerja dalam situasi New Normal.


Pedoman yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07 / MENKES / 328/2020 tentang Pedoman untuk Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kantor dan Tempat Kerja Industri dalam Mendukung Keberlanjutan Bisnis dalam Situasi Pandemi.

Mulai dari aturan manajemen yang harus menyediakan fasilitas kesehatan hingga mengharuskan karyawan mengenakan masker saat bepergian dan di tempat kerja.

Apa aturannya?

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di situs resmi Sehatnegeriku.kemkes.go.id, menyatakan bahwa komunitas bisnis dan komunitas memiliki kontribusi besar dalam memutus rantai penularan karena populasi pekerja yang besar dan jumlah mobilitas, juga sebagai interaksi populasi umumnya disebabkan oleh aktivitas kerja.

"Tempat kerja sebagai tempat interaksi dan berkumpulnya orang adalah faktor risiko yang perlu diantisipasi untuk penularan," kata Terawan, dikutip dari situs Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Minggu (24/5/2020).

Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan memberhentikan tempat kerja. Tetapi dunia kerja mungkin tidak selamanya terbatas, ekonomi harus terus berjalan.

"Oleh karena itu, setelah penerapan PSBB dengan pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, perlu dilakukan upaya untuk memitigasi dan menyiapkan tempat kerja semaksimal mungkin sehingga mereka dapat beradaptasi melalui perubahan gaya hidup dalam situasi COVID-19 atau situasi Normal Baru, "Kata Terawan.

Pedoman terperinci untuk mencegah penularan COVID-19 meliputi:

Selama PSBB untuk Tempat Kerja

Sebuah. Kebijakan Manajemen dalam Pencegahan Transmisi COVID-19

1) Manajemen harus selalu memantau dan memperbarui perkembangan informasi tentang COVID-19 di wilayahnya. (Secara berkala dapat diakses di https://infinemerging.kemkes.go.id. Dan kebijakan pemerintah daerah).

2) Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari Ketua, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan yang diperkuat oleh Keputusan dari Pemimpin Tempat Kerja.

3) Pemimpin atau majikan memberikan kebijakan dan prosedur bagi pekerja untuk melaporkan setiap kasus yang diduga Covid-19 (gejala demam atau batuk / pilek / sakit tenggorokan / sesak napas) untuk dipantau oleh petugas kesehatan.

4) Jangan memperlakukan kasus positif sebagai stigma.

5) Pengaturan bekerja dari rumah (work from home). Tentukan pekerja penting yang perlu tetap bekerja / datang bekerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah.

Tidak ada komentar